BENGKEL SPESIALIS ACCU (AKI) MOBIL KOTA BEKASI

BENGKEL SPESIALIS ACCU (AKI) MOBIL KOTA BEKASI
SIAP ANTAR DI TEMPAT : GARASI - KANTOR - MALL - REST AREA TOLL - MOGOK DI TENGAH JALAN

Begini Cara Simpel Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet

Cara simpel merawat aki mobil - Mobil merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk bepergian kemana saja. Dengan menggunakan mobil sebagai alat transportasi. kamu dapat mengangkut banyak orang sekaligus. Namun, dengan penggunaan terus menerus, salah satu bagian aki mobil bisa cepat rusak.

Aki mobil adalah komponen yang sangat penting dan harus sering dilakukan perawatan demi kenyamanan ketika kamu mengendarainya. Lalukan pengecekan secara rutin dan berkala jika ada masalah-masalah pada aki segera dapat tertangani.

Berbicara tentang pengecekan rutin aki, kali ini admin akan berbagi cara simpel merawat aki mobil supaya tetap awet. Tidak sulik kok, bahkan kamu yang bukan ahli tentang perbengkelan atau tahu soal kelistrikan bisa melakukannya.

Penasaran cara-cara? Okay berikut ini ulasan lengkap cara simpel merawat aki mobil yang bisa kamu lakukan sendiri:

Cara Simpel Merawat Aki Mobil Supaya Awet

Merawat mobil itu bukan sekedar service mesin tiap bulan atau ganti oli saja. Tapi kamu juga harus memperhatikan sumber listriknya yaitu aki. Jika aki rusak maka banyak fungsi mobil yang dayanya dari aki tidak bisa berfungsi, seperti Starter mobil, lampu dan lain-lain.

Bersihkan aki secara berkala

Cara simpel merawat aki mobil yang pertama adalah membersihkan aki secara berkala. Kamu tidak perlu ke bengkel mobil untuk membersihkannya, karena posisi aki tidak rumit untuk dibersihkan.

Lantas bagian mana yang harus dibersihkan? Umumnya bagian terminal aki adalah tempat menumpuknya kotoran debu hingga mengerak, sehingga menghalangi hantaran listrik secara sempurna.

Nah caranya kamu buka penutup terminalnya lalu kamu sikat plastik, tapi jika kotorannya tebal atau mengerak kamu bisa gunakan sikat kawat atau alat pengerik lainnya. Lakukan pembersihan seperti ini secara berkala untuk tetap menjaga kelancaran hantaran listrik dari aki.

Panaskan mobil

Cara simpel merawat aki mobil yang kedua adalah memanaskan mobil setiap hari walaupun tidak dipakai untuk keluar rumah. Istilah memanaskan mobil itu bukan mobil dibawa ke tengah lapangan lalu dijemur, tapi kamu cukup menyalakan mesinnya lalu tunggu 5 sampai 15 menitan.

Lakukan ini rutin setiap hari entah mau dipakai untuk keluar rumah atau tidak. Hal ini bertujuan supaya aki tidak melemah karena sumber dayanya tidak terpakai. Memanaskan mobil selain upaya menjaga aki, juga baik untuk mesin mobil. Karena dengan menyalakan mesin oli akan terus melumasi mesin sehingga mesin tidak gampang aus.

Perhatikan beban penggunaan aki

Cara simpel merawat aki mobil yang ketiga adalah mengecek beban penggunaan aki. Layaknya baterai aki juga memiliki kapasitas daya. Jika penggunaan melebihi kapasitas pasti menyebabkan aki tersebut cepat habis.

Lakukan pengecekan secara rutin supaya kondisi aki bisa segera mendapat penanganan yang tepat.

Memastikan ketersediaan listrik dalam aki

Jika mobil kamu sudah mulai sulit untuk dinyalakan maka segera mengecek akinya. Apakah daya atau cadangan listrik pada aki mobil sudah menipis atau habis. Jika terlihat sudah menipis atau habis kamu harus segera mengisi ulang supaya tidak terjadi masalah lagi di mobil kamu.

Lepas kabel aki ketika tidak digunakan (Khusus Mobil Keluaran lama tahun 2015 kebawah)

Cara simpel merawat aki mobil yang terakhir adalah melepas kabel aki ketika mobil sedang tidak digunakan. Cara dilakukan untuk menghindari alur listrik yang berjalan terus menerus yang bisa menyebabkan daya listrik pada aki bisa habis.

Apalagi jika mobil terparkir dalam waktu yang lama (seminggu tidak dipakai) maka lebih baik kabel penghubung antar aki dan mesin dicopot. 

Itulah cara-cara simpel merawat aki mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jaga mobil kesayanganmu dengan aki berkualitas GS ASTRA, dan jangan lupa untuk tetap percayakan HARAZAKI SHOP sebagai bengkel penjual Aki original.


0 Response to " Begini Cara Simpel Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet"

Posting Komentar