BENGKEL SPESIALIS ACCU (AKI) MOBIL KOTA BEKASI

BENGKEL SPESIALIS ACCU (AKI) MOBIL KOTA BEKASI
SIAP ANTAR DI TEMPAT : GARASI - KANTOR - MALL - REST AREA TOLL - MOGOK DI TENGAH JALAN

Tanda - Tanda Aki mobil harus diganti

 Tanda-Tanda Aki Mobil Harus Diganti, Kamu Wajib Tahu!

Tanda-Tanda Aki Mobil Harus Diganti

Mobil mogok secara tiba-tiba karena ada masalah pada aki padahal sedang sibuk dipakai untuk suatu aktivitas atau kerja, itu pasti sangan menjengkelkan. Supaya hal seperti itu tidak terjadi maka kamu harus melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

Aki atau baterai itu sama seperti komponen mobil lainnya yang mempunyai masa pemakaian. Kerusakan pada aki itu bisa terjadi kapan saja, untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan aki mobil secara berkala.

Apalagi aki merupakan komponen mobil yang cukup penting, karena sumber listrik berasal dari aki mobil tersebut. Jika rusak maka menyalakan mesin, lampu, ace dan perangkat audio akan bermasalah.

Aki asli pabrikan ternama seperti GS. Astra, Amaron dan merek bagus lainnya pasti memberikan informasi masa pemakaiannya. Biasanya umur aki bisa sampai 2 tahun pemakaian, jika sudah lebih maka kamu harus sering mengecek kondisinya.

Supaya kamu mengerti kapan harus ganti aki, berikut ini admin ulas apa saja tanda-tanda aki mobil harus diganti:

Indikator Aki 

Tanda-tanda aki mobil harus diganti bisa kamu lihat pada indikatornya. Pertama kamu harus tahu dulu aki mobil kamu tipe cair atau kering karena kedua tipe ini memiliki indikator yang berbeda.

Untuk aki kering biasanya indikator menggunakan warna. Jika masih berwarna biru maka tandanya aki masih okay, tapi kalau warna kemampuan aki sudah jadi putih tandanya butuh tambahan setrum dan kalau warna merah berarti harus diganti.

Untuk aki basah kamu tinggal perhatikan pada batas cairan elektrolitnya. Jika sudah menunjukkan mau habis maka segera tambah cairan tersebut supaya aki tetap bisa menyala.

Voltase Yang Tidak Normal

Lakukan cek rutin voltase aki, caranya cek aki dengan alat tester. Biasanya voltase normal aki dikisaran 12,45 volt ketika mesin mati dan menjadi 13-14 volt ketika mesin menyala. Jika voltase aki melebihi atau kurang dari voltase normal maka itu bisa jadi tanda aki mobil harus diganti karena mengalami kerusakan atau masalah.

Air Aki Menjadi Keruh

Tanda aki mobil harus diganti bisa dilihat dari air aki yang menjadi keruh. Hal ini terjadi karena tumpukan-tumpukan kotoran yang sekian lama tidak dibersihkan. Selain keruh kadang sel-sel yang ada di dalam menjadi bengkok dan ada warna putihnya.

Lampu Mobil Redup Atau Nyala Mesin Lambat

Jika kamu sudah mulai kesulitan menyalakan mobil dan lampu-lampunya sudah mulai redup maka ini juga menjadi tanda aki mobil harus diganti. Karena lampu-lampu, alat elektronik mobil dan nyala mesin bersumber dari listrik aki. Jika semua itu tidak lancar maka ada masalah pada aki.

Itulah 4 tanda-tanda aki mobil harus diganti yang telah admin ulas pada artikel ini semoga membantu. Tapi tanda-tanda tersebut bukan berati menunjukkan kepastian kalau aki mobil harus diganti.

Alangkah baiknya kamu tetap melakukan pengecekan dan lebih amannya kamu bawa ke bengkel untuk mendapatkan penangan yang tepat. Sebagai informasi tambahan penambahan matrial asesoris elektrikal misalnya, dapat menghabiskan daya listrik aki.

Jadi jangan gampang-gampang menambah aksesoris-aksesoris elektrikal yang kurang penting pada mobil. Supaya konsumsi listrik tidak boros dan masa aki semakin lama.


0 Response to "Tanda - Tanda Aki mobil harus diganti"

Posting Komentar